Dinas Pertanian dan TNI AD Kerja Sama Bangun Ketahan Pangan

19-Agustus-2013 Penulis : ADMIN Dibaca:214 kali

Kementrian pertanian, bekerjasama dengan Tentara Nasional Indonesia (TNI-AD) guna mendukung ketahan pangan. Keterlibatan TNI AD itu dituangkan dalam Kesepakatan Kerja Sama (KKS) TNI AD Mendukung Ketahanan Pangan (TMKP) bersama Kementrian Pertanian. Terkait Hal Tersebut, untuk Wilayah Kota Palopo Dinas Pertanian Kota Palopo bekerja sama dengan Kodim 1403 sawerigading melaksanakan Optimalisasi beberapa lahan guna pengembangan tanaman pangan.

Hal ini disampaikan Kepala Dinas Pertanian dan Peternakan Kota Palopo Mas Jaya saat memaparkan program optimalisasi lahan untuk tanaman jagung di Kelurahan Pentojangan Kecamatan Telluwanua. Senin 19 Agustus 2013.

Menurut Mas Jaya, kegiatan ini adalah lanjutan dari program kerja sama antara dinasnya dengan TNI, dimana untuk saat ini dilakukan di Kelurahan Pentojangan khusus untuk Tanaman Jagung.

"Saat ini kami fokus ke tanaman jagung, dari beberapa usaha pertanian yang saat ini dikembangkan," jelas Mas Jaya.

Lanjut di jelaskan Mas Jaya, Kegiatan ini adalah optimasi lahan pertanian yang dianggap tidak produktif atau lahan mati, sebagai upaya untuk meningkatkan sumber daya lahan pertanian menjadi lahan usaha tani, dimana salah satunya melalui usaha perbaikan lahan dan daya dukung lahan dimana aspek teknisnya, adalah perbaikan fisik dan kimia tanah serta peningkatan infra struktur yang diperlukan agar dapat berhasil guna.

Untuk Kota Palopo, lanjut Mas Jaya lagi, Dinas Pertanian melakukan optimalisasi lahan untuk dua tanaman pangan yakni padi dan jagung. untuk Padi telah disiapkan lahan 660 Ha dengan melibatkan 18 Kelompok Tani, sedangkan Untuk lahan jagung 25 Ha, dengan dua Kelompok tani.

"Untuk jagung diberikan kewenangan kepada kelompok tani yakni Kelompk tani Purnama dan Kelompok tani Salutete mekar, dengan masing masing personil 25 orang," jelasnya.

Sementara itu Wakil Walikota Palopo Akhmad Syarifuddin Daud, yang menghadiri langsung penanaman perdana bibit jagung tersebut, memberikan apresiasi terhadap kegiatan dinas pertanian Kota Palopo dan dirinya berharap bukan hanya jagung dan padi yang dikembangkan namun juga pengembangan tersebut dilakukan untuk tanaman tanaman pertanian lainnya.

Sementara itu, Komandan Komando Distrik Militer (Dandim) 1403 Sawerigading Palopo, Letnan Kolonel Inf, Aco Lamama mengatakan bahwa sektor pertanian merupakan salah satu pembangunan strategis, karena keterkaitan yang erat antara produktivitas sektor pertanian dengan ketahanan pangan nasional. "Kerjasama ini didasari oleh keinginan bersama untuk mewujudkan ketahanan pangan nasional, melalui program pembangunan sektor pertanian sebagai bentuk pengabdian TNI dalam mendukung program pemerintah," jelasnya.(egi)

Sumber : Bag. Humas Setda Kota Palopo