Masamba – Tana Luwu yang terdiri dari 4 kabupaten/ kota yakni Luwu, Luwu Utara, Kota Palopo dan Luwu Timur adalah merupakan salah satu simbol dan pilar kemajuan provinsi. Hal itu diungkapkan oleh Gubernur Sulawesi Selatan H. Syahrul Yasin Limpo ketika menghadiri puncak peringatan Hari Jadi Luwu ke-750 dan Hari Perjuangan Rakyat Luwu (HPRL) ke-72 di Masamba, rabu(24/1/2018). Gubernur yang telah memimpin Sulawesi Selatan sejak Mei 2008 tersebut mengibaratkan Tana luwu seperti orang yang sehat. Kemajuan dan pencapaian Sulawesi Selatan sebagai provinsi terbaik di tanah air tak lepas dari peran wija to Luwu. “ Sulawesi Selatan adalah provinsi yang memiliki ekonomi paling stabil selama 10 tahun yang tidak pernah turun dari angka  7 persen, konsistensi pencapaian itu setara dengan Korea Selatan “ ucap SYL seraya mengajak kepada seluruh kepala daerah se-Tana Luwu agar pada tahun 2018 ini memacu perkembangan tersebut menjadi lebih baik lagi.

“Kurang apa Allah kasi terhadap Luwu, di laut ambil ikan, dipinggir lautnya tinggal berkreasi untuk mendatangkan kehidupan dan didataran rendahnya itu tinggal bertanam dan beternak, digunungnya Allah menciptakan peluang tambang yang baik tinggal perlu diolah dengan baik sehingga tidak merusak lingkungan “ tandasnya seraya mengutip penggalan ayat Al-Qur`an dalam surat Ar Rahman, Fabiayyi ala i rabbi kuma tukassiban.  Atas pencapain itu pula SYL menyampaikan rasa hormat dan apresiasi kepada Datu Luwu beserta seluruh kepala daerah se-Tana Luwu.

Peringatan Hari Jadi Luwu dan HPRL selain dihadiri Gubernur, juga dihadiri kepala daerah se-Tana Luwu yakni Bupati Luwu Timur, Ir. H. Muh. Thorig Husler, Bupati Luwu, Ir.H.A.Mudzakkar, Wali Kota Palopo, H.M.Judas Amir, MH, Bupati Luwu Utara Hj.Indah Putri, tampak pula Bupati Tana Toraja Ir. Nicodemus Biringkanae (Faisal Ibrahim_red_diskominfo )