Palopo- Bertempat di Hotel Value-Palopo, Kementrian Pariwisata Republik Indonesia bekerja sama dengan Dinas Pariwisata Kota Palopo melaksanakan bimbingan teknis pemasaran potensi kepariwisataan, kamis (13/9/2018). Acara yang diikuti oleh sejumlah praktisi dan pelaku pariwisata tersebut dihadiri langsung oleh Asisten deputy pengembangan pemasarana I regional III Deputi pengembangan Pemasaran I Kementrian Pariwisata Republik Indonesia, I Gusti Ngurah Putra dan anggota DPR RI dari fraksi PAN, Amran SE.

Menurut kepala Dinas Pariwisata Palopo, Andi Enceng, SE.M.Si bahwa pelaksanaan bimbingan teknis itu dilaksanakan dalam rangka memberi pemahaman dan penguatan strategi pemasaran kepada para pelaku usaha pariwisata dan pelaku ekonomi kreatif yang berada di Kota Palopo. “ Kami telah melakukan sejumlah langkah dan upaya untuk membantu pengembangan promosi pariwisata dan pengembangan ekonomi kreatrif di daerah ini, meski diakui belum maksimal dan sempurna sesuai harapan “ tuturnya saat ditemui kru Diskominfo Palopo disela-sela pelaksanaan bimtek sambil meyakinkan bahwa dinas yang dipimpinnnya telah merancang program pembenahan terhadap sejumlah lokasi wisata andalan di Kota Palopo seperti di permandian alam,Batupapan kelurahan Padang Lambe.

Andi Enceng juga menyarankan kepada pelaku usaha wisata dan ekonomi kreativ agar memaksimalkan pemanfaatan teknologi informasi dalam menunjang promosi produk dan jasa wisata yang dimiliki. “ Sudah banyak rekan-rekan pelaku usaha wisata yang mendapatkan manfaatnya sebab informasi yang meraka sebar di media sosial menjadi cepat viral dan diketahui banyak khalayak ‘ tandas mantan kabag umum Setda Palopo tersebut.  

Sementara itu, anggota DPR RI Amran SE mengingatkan kepada pelaku usaha ekonomi kreativ dan usaha kepariwisataan agar lebih intens dalam melaksanakan promosi potensi kepariwisataan dan ekonomi kreatif yang dimiliki, dengan melalui pemetaan terlebih dahulu. Ia menyarankan agar sejumlah destinasi wisata yang telah ada di Palopo dapat lebih diperkenalkan dengan dukungan potensi wisata kuliner yang ada.( Nurul Hikmah_Diskominfo Palopo )