Palopo -  Kedatangan Pangdam XIV Hasanuddin, Mayjen.TNI Surawahadi di Kota Palopo. Pasalnya dirinya tengah mewacanakan pembentukan atau penambahan komando rayon militer ( Koramil ) di Kota Palopo. Hal itu diutarakan saat menyampaikan sambutan pada acara penganugerahan gelar adat kepada dirinya di istana kedatuan Luwu, rabu(24/10/2018).   Dirinya bahkan mengaku bukan hanya Koramil yang dipikirkan namun juga pembentukan Korem ( Komando resort militer ) di Tana Luwu. Menurutnya wacana tersebut saat ini dalam proses perencanaan. “ Tana Luwu ini sangat luas dan perlu dijaga baik keamanannya “ ucapnya.

Sebelumnya, pada kesempatan yang sama, Wali Kota Palopo H.M.Judas Amir, MH menyampaikan usulan pembentukan atau penambahna koramil dalam wilayah Kota Palopo.  Menurut wali kota dua periode tersebut, pemerintah Kota Palopo siap mendukung  pembentukan koramil baru di Kota Palopo untuk lebih mewujudkan stabilitas keamanan di kota yang berpenduduk sekitar 240 ribu jiwa. Sekedar diketahui bahwqa sejak terbentuk sebagai kota otonom pada tahun 2002, Kota Palopo hanya memiliki 1 ( satu ) koramil yang membawahi 9 kecamatan.  Dengan ren tan kendali kordinasi yang cukup luas itulah serta dengan semakin bertambahnya jumlah penduduk, keberadaan koramil baru sangat diharapkan.

Selain memohon pembentukan koramil yang baru, Wali Kota Palopo juga mengundang khusus kesediaan Pangdam untuk ikut hadir pada perhelatan Festival Keraton Nasional yang akan dipusatkan di Palopo pada 9-9-2019.( red_Diskominfo Palopo )