Palopo – Bertempat di Icon Cafe, KPU Palopo mengadakan sosialisasi pencalonan anggota legislatif DPRD Kota Palopo dalam pemilihan umum tahun 2019 , selasa (3/7/2018).Acara yang dibuka oleh ketua KPU Palopo Haidar Djidar,SH.MH tersebut dihadiri oleh sejumlah ketua dan LO partai politik Dalam kesempatan itu, ketua KPU menegaskan bahwa pendaftaran bakal calon anggota legislatif dilakukan melalui Sistem Informasi Pencalonan ( SILON). “ Pendaftaran melalui SILON adalah harga mati,seluruh dokumen bakal calon semuanya melalui sistem tersebut “ ujarnya seraya mengajak kepada pihak LO partai politik agar dapat berkomunikasi melalui sistem itu untk menghindari terjadinya kesimpang siuran informasi.

Sementara itu, Komisioner KPU Palopo, Syamsu Alam mengatakan bahwa dalam proses pencalonan anggota legislatif pada tahun ini tidak ada perubahan signifikan. “ Yang jelas keterwakilan 30 % perempuan harus diwujudkan. Komposisi itu berdasarkan regulasi termasuk penetapan nomor urut perempuan itu dilindungi betul oleh regulasi “ ujarnya mengurai secara detail seraya berharap agar dengan sistem itu semakin banyak perwakilan perempuan dapat lolos sebagai anggota dewan.  

Dalam sosialisasi tersebut disampaikan bahwa pengajuan berkas caleg dimulai tanggal 4 juli sampai dengan 17 juli 2018, masa perbaikan berkas tanggal 22 juli-31 Juli 2018. “ Setelah itu maka tidak ada lagi perbaikan yang akan dimasukkan dalam DCT (Daftar Caleg Tetap) “ tegasnya. ( Nurul Hikmah_Diskominfo Palopo )