Palopo – Wali Kota Palopo, H.M. Judas Amir, MH menerima kunjungan konsulat jenderal  Australia, Richard Matthews bersama jajarannya di kantor Wali Kota, senin(4/2/2018). Kunjungan Konjen Australia di Palopo bertujuan untuk menawarkan berbagai bentuk kerjasama program pemerintah Australia diantaranya program beasiswa pascasarjana Australia Awards Scholarship. Beasiswa tersebut menawarkan kesempatan untuk melakukan studi, penelitian dan pengembangan keprofesian di Australia. Selain itu, ada juga program short term awards berupa beasiswa studi singkat seperti kursus atau pendidikan dan pelatihan. Short term awards membekali peserta dengan ilmu dan keahlian untuk berkontribusi terhadap prioritas organisasi, termasuk membangun jaringan dimana alumni dari program tersebut telah tersebar di Indonesia kurang lebih 80.000 alumni. "Mungkin ada aparat pemerintah Kota Palopo yang mau mengikuti program ini, silahkan mendaftar dan mengikuti proses seleksi" ujar Matthews. Disamping pendidikan,  Australia juga menawarkan kerjasama program pengembangan pariwisata, pertanian, peternakan perdagangan dan sektor lainnya.

Menanggapi kunjungan tersebut, Wali Kota Palopo mengatakan bahwa kedatangan Konjen Australia merupakan langkah baik untuk membangun kerjasama dengan Pemerintah Australia dalam berbagai bidang. "Kami sangat merespon tawaran kerjasama ini dan akan berupaya mengikutsertakan pihak pemerintah Kota Palopo dalam program beasiswa ini" ucap orang nomor satu di Palopo tersebut sesaat sebelum menyerahkan cindramata kepada Konjen Australia.

Hadir mendampingi Wali Kota Palopo dalam kesempatan itu diantaranya ka. Bappeda Palopo, Drs. Firmanza DP, Kadis Kesehatan, Dr. H.M. Ishaq Iskandar, M.Kes, Kepala Dinas Pariwisata Andi Enceng, sementara Konjen Australia didampingi oleh istrinya beserta putrinya, dan executive asistannya,  Lulu Purnamasari. (Faisal Ibrahim_Diskominfo )