Palopo- Bertempat di Hotel Harapan-Palopo, selasa ( 13/3/2018) Balai Besar penelitian dan pengembangan SDM Kementrian Kominfo bekerjasama dengan Dinas Kominfo Palopo dan Dinas Koperasi UMKM Kota Palopo menggelar bimbingan teknis literasi TIK ( Teknologi Informasi dan Komunikasi ) bagi komunitas ibu rumah tangga pelaku dan perintis UMKM se-Kota Palopo. Acara yang mengusung tema “ membangun masyarakat yang berpengetahuan melalui literasi informasi dan komunikasi" tersebut menghadirkan sejumlah narasumber diantaranya Drs.H.Syahruddin yang menyampaikan materi tentang pentingnya berinternet sehat dan aman dan materi inti oleh Muklis Amin yang memaparkan materi tentang pemanfaatan market place untuk pemasaran produk online.

Dalam kesempatan itu, Pjs.Wali Kota Palopo Andi Arwien Asiz S.STP menyampaikan bahwa dengan pembimbingan semacam itu diharapkan kaum ibu dapat lebih memaksimalkan waktu dan kesempatan yang dimilikinya sehingga dapat lebih produuktif. “ Jangan hanya sibuk bergosip “ ujarnya seraya mengajak ibu-ibu di Kota Palopo untuk dapat memanfaatkan teknologi informasi dengan baik dengan tidak mudah menyebarkan informasi yang tidak dapat dipertanggung jawabkan kebenarannya.

Sementara itu, Kepala Balai Besar Litbang Kemenkominfo Ir.H.Ruslan Harun.M.Si bahwa kegiatan literasi TIK bagi kaum ibu rumah tangga telah dilaksanakan oleh pihaknya sejak tahun 2015 dengan menargetkan setiap tahun sebanyak 250 kaum ibu rumah tangga yang dididik dan dilatih literasi TIK. “ Hal itu dimaksudkan agar mereka mampu memanfaatkan Teknologi Informasi komunikasi dalam mengembangkan usaha mereka" ujar Ruslan Harun. Dirinya juga berharap agar Pemkot Palopo mampu bersinergi dengan jajarannya dengan menindak lanjuti kegiatan literasi tersebut dalam bentuk pembinaan dan pembimbingan kepada kaum ibu pelaku atau perintis UMKM sehingga dengan demikian dapat membantu upaya peningkatan kesejahteraan masyarakat.

Kegiatan yang berlangsung sehari tersebut turut dihadiri oleh Staf Ahli Wali Kota Palopo bidang kemasyarakatan, DR.H.Suyuti Yusuf, Sekdis Kominfo Palopo Abidin, SE dan perwakilan dari Dinas Koperasi UMKM , Dorkas ( red_Diskominfo Palopo )