Palopo- Ada yang menarik perhatian ratusan undangan dalam Rakorda KB, senin (26/3/32018) di auditorium Saokotae yakni penampilan gadis cantik dari sejumlah SMA/SMK se-Kota Palopo yang tampil dengan gaya khas mereka. Dengan riasan wajah cantik mereka tampil menyerukan yel-yel ajakan ber-KB dan mengkampanyekan gerakan anti seks pra nikah serta stop usia dini.  Gadis belia tersebut mewakili masing-masing kecamatan untuk berkompetisi menjadi duta genre ( generasi berencana ) Kota Palopo 2018.

Menurut Kadis pengendalian penduduk dan KB Palopo, Hj.Suriani A.Kaso bahwa keberadaan Duta Genre diharapkan dapat membantu pemerintah dalam rangka mensosialisasikan gerakan moral agar generasi muda tidak pacaran jika masih dalam tahap pendidikan termasuk gerakan “ no seks “ pra nikah.  “ Selesaikan dulu semua pendidikannya kemudian itu lanjut mencari pekerjaan sehingga perekonomian diri kita bisa mapan baru setelah itu bisa merenackana pernikahan “ ujarnya sambil mengajak semua keluarga untuk meningkatkan SDM generasi muda menjadi generasi cerdas dan berakhlak mulia.  

Dari hasil penilaian dewan juri, adapaun pemenang generasi berencana (genre) jalur masyarakat perwakilan 9 ( sembilan ) kecamatan yaitu juara 1 Fitriani dari Kec.Mungkajang, juara  Juara 2 atas nama Arthi Prianti dari Kec.Wara Timur, juara 3 Mustifa Mustamar dari kec.Bara sedangkan Hijriah dari Wara Selatan keluar sebagai harapan 1 dan disusul oleh Musdalifa dari Kec.Sendana, sementara 2 peserta lainnya yakni Rachel Binti Rudding dan reski terpiliuh sebagai peserta favorit. Pada kategori generasi berencana (genre) jalur pendidikan keluar sebagai juara 1 Resti Lolak dari SMAN 2 Palopo ( Nurul Baharuddin_Diskominfo Palopo )