Palopo- Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Palopo melanjutkan kegiatan sosialisasi kebijakan kependudukan dan pencatatan sipil, kali ini digelar di kecamatan Wara Selatan, selasa( 9/5/2017).  Kegiatan sosialisasi yang dibuka oleh Kadisdukcapil, H.Asir Mangopo tersebut diikuti oleh sejumlah tokoh masyarakat dan lurah se-Kecamatan Wara Selatan. Sosialisasi dimaksudkan untuk memberi pemahaman tentang kebijakan kependudukan dan pencatatan sipil kepada masyarakat sekaligus untuk meningkatkan kesadaran masyarakat dalam mengurus dokumen kependudukan.

Dalam kesempatan itu, H.Asir Mangopo menyampaikan bahwa dengan diterbitkannya UU nomor 24 tahun 2013 tentang perubahan atas UU nomor 23 tahun 2006 tentang administrasi kependudukan, terdapat perubahan mendasar dalam penyelenggaraan administrasi kependudukan, diantaranya adalah masa berlaku KTP elektronik yang semula 5 (lima) tahun diubah menjadi seumur hidup, pencetakan KTP elektronik yang selama ini dilaksanakan secara terpusat di Jakarta, kini telah diserahkan ke masing-masing pemerintah daerah melalui Dinas kependudukan dan catatan sipil.

Kepala Disdukcapil juga menegaskan bahwa sehubungan dengan perubahan mendasar tersebut diharapkan adanya peningkatan kualitas dan kuantitas penerbitan dokumen kependudukan bagi masyarakat. “ insya Allah dengan kebijakan itu, maka proses perekaman dan penerbitan KTP elektronik serta kepemilikan akta-akta pencatatan sipil di Kota Palopo yang selama ini tersendat dapat segera diatasi dengan cepat “ ungkapnya.   Sebelum di Wara Selatan, sosialisasi yang sama telah dlaksanakan di kecamatan Sendana, Wara, dan Mungkajang (Faisal Ibrahim/Diskominfo)