Palopo- Sebagai salah satu langkah untuk mewujdkan pengembangan dan penerapan konsep Smart City, pemerintah Kota Palopo melalui Dinas komunikasi dan Informatika menggelar Focus Group Discussion (FGD) di auditorium Saokotae(4/5/201&) dengan tema pengembangan “ Road Map Pengembangan Palopo Smart City. Acara tersebut diikuti oleh sejumlah perwakilan SKPD lingkup Pemkot Palopo. Kadis Kominfo Palopo, Baso Ahmad, SH dalam laporannya ketika pembukaan acara menyampaikan bahwa kegiatan tersebut adalah merupakan salah satu upaya penyamaan persepsi dari semua stakholder untuk mewujudkan pengembangan konsep smart city di Kota Palopo. “ konsep yang kita bangun kedepan tetap akan berlandaskan pada semangat kearifan lokal “ ungkapnya.  

Sementara itu, Wali Kota Palopo yang pada kesempatan itu diwakili oleh Kadis Persandian dan statistik Palopo, Renaldy, SE.MM mengatakan bahwa di era otonomi daerah, pengembangan smart city akan sangat berperan dalam mewujudkan pelaksanaan program pembangunan yang lebih efektif dan efesien .” jika konsep pengembangan smart city  ini dapat diwujudkan maka kita juga berharap dapat meningkatkan kapasitas maupun citra daerah kita, serta dapat mewujudkan jaringan kerjasama antar daerah yang saling menguntungkan satu sama lain  “ungapnya.

Pada pelaksanaan FGD tersebut menghadirkan manager sekretariat bersama APEKSI Wilayah VI Sulampapua DR.Abdul Talib Mustafa selaku pembicara yang dalam kesempatan itu mengingatkan jajaran pemerintah Kota Palopo untuk bersinergi dalam mewujudkan konsep smart city  khususnya dalam menyukseskan pogram pemerintah yakni terwujudnya 100 kota cerdas. Ia juga berharap agar dengan konsep tersebut sejumlah pelayanan dan program pemerintah akan berjalan dengan baik dan dirasakan manfaatnya secara langsung oleh masyarakat. “ karena pengembangan konsep smart city, bukan hanya kepentingan pemerintah namun pada dasarnya demi mewujudkan kepentingan masyarakat “ tuturnya( Yulianti –Diskominfo)