Palopo –Meski tanpa seremony khusus, penerbangan perdana Maskapai Garuda Indonesia rute Makassar ( UPG ) –Palopo ( LLO ) mendarat mulus di bandar udara La Galigo-Bua, senin(18/12/2017).  Pesawat jenis ATR 72 tersebut mendarat sekitar pukul 08.45 WITA dan disambut langsung oleh kepala Bandara La Galigo, Syarifudin beserta jajarannya.  

Tampak ikut dalam penerbangan perdana tersebut  I Wayan Supatrayasa, vice president Garuda Indonesia wilayah Kalimantan, Sulawesi dan Papua, sejumlah tokoh juga ikut diantaranya anggota DPRD Palopo, Alfri Djamil, Ketua STISIPOL Veteran Palopo, Kajari Luwu, dan Ketua DPRD Kab Luwu, A.Muharrir.  Sebelumnya wakil gubernur Sulawesi Selatan, H.Agus Arifin Nu`mang diagendakan ikut serta dalam penerbangan tersebut, namun sampai berita ini dirilis belum ada konfirmasi terkait alasan pembatalan tersebut.      

I Wayan Supatrayasa, vice president Garuda Indonesia wilayah Kalimantan, Sulawesi dan Papua dalam jumpa pers yang dilaksanakan d ruang VIP Bandara La Galigo menyampaikan bahwa pada tahap awal penerbangan Garuda rute Makassar-Palopo hanya dilakukan selama kali sepekan, yakni senin, rabu, jumat. Namun demikiannya pihaknya akan menyesuiakan jadwal penerbangan setelah mencermati perkembangan minat masyarakat untuk menggunakan maskapai plat merah tersebut.

Meski mendarat dengan mulus, namun pilot Capt.Christian B menyampaikan bahwa dirinya menyarankan agar sejumlah pohon diujung landasan pacu agar dipangkas karena sedikit mengganggu pandangannya.  Ia pun menyarankan agar landasan pacu bandara La Galigo-Bua dapat diperpanjang menjadi 2.200 meter. “ kalau itu terwujud, saya sendiri yang akan menerbangkan pesawat boeing dari Jakarat ke Palopo “ ujarnya.  Sementara itu, anggota DPRD Palopo Alfri Djamil yang ditemui sesaat turun dari pesawat mengungkapkan bahwa dibukanya rute Makassar- Palopo ini akan memberi dampak yang besar bagi kemajuan Palopo. “ Yang jelas masyarakat akan sangat diuntungkan dengan tersedianya layanan transportasi yang representativ “ ujarnya.

Salah seorang penumpang, Marthen yang mengaku dari Kalimantan menceritakan bahwa penerbangan perdana Garuda Indonesia cukup mulus dan nyaman. " sya mau natalan dan menggunakan maskapai garuda, pelayanannya baik dan selama penerbangan cukup nyaman " pungkasnya.  Selain Garuda Indonesia, bandar udara yang terletak sekitar 15 km arah selatan Kota Palopo tersebut sejak tahun 2016 juga telah didarati maskapai Wings Air yang terbang tiap hari dari Makassar ke Palopo  (red-Diskominfo )