Produk Unggulan

Komoditas Unggulan di sektor Pertanian adalah tanaman padi, sayur dan buah-buahan dengan luas areal per sektor 3.013 Ha

Komoditas Perkebunan terdiri dari :

  • Kakao dengan produksi rata-rata sebesar 1881.48 ton/tahun
  • Cengkeh dengan produksi rata-rata sebesar 387.86 ton/tahun
  • Kemiri dengan produksi rata-rata sebesar 4,86 ton/tahun
  • Kopi dengan produksi rata-rata sebesar 120,62 ton/tahun
  • Vanili dengan produksi rata-rata sebesar 104,73 ton/tahun

Komoditas Perikanan

  • Rumput laut yang umumnya glacilarea sp dengan produksi rata-rata sebesar 14.039,3 ton/tahun.
  • Udang dengan produksi rata-rata sebesar 17,4 ton/tahun
  • Kepiting dengan produksi rata-rata sebesar 10,5 ton/tahun

Infrastruktur

Perniagaan

Pusat Niaga Palopo (PNP) merupakan pusat perbelanjaan yang potensial bagi masyarakat Palopo saat ini, termasuk pasar tradisional Andi Tadda. Seiring dengan perkembangan Kota Palopo, pengembangan Pasar Modern, Mall dan sejenisnya dirasakan sangat menjanjikan.

Kawasan Industri

Pemerintah Kota Palopo saat ini tengah membangun kawasan industri yang dipusatkan di Kecamatan Wara Utara dan Telluwanua, yang hingga kini terus dibenahi dengan dilengkapi sarana dan prasarana pendukung demi pengembangan pada sentra industri.

Jalan Lingkar

Pembangunan Jalan Lingkar yang menghubungkan arah selatan dan utara Kota Palopo, dimaksudkan untuk memperlancar akses keluar masuk kota. Di kawasan ini dapat di kembangkan kawasan restaurant dan rumah makan dengan sajian pemandangan kawasan pada kiri dan kanan jalan.

Kantor Pelayanan Terpadu

Pengurusan perizinan di Kantor Pelayanan Terpadu memberikan kemudahan layanan baik dari segi aspek kepastian waktu maupun transparansi biaya, serta kemudahan persyaratan kelengkapan dokumen.

Perbankan & Koperasi

Kehadiran 12 cabang perbankan Nasional dan 2 Bank Perkreditan Rakyat serta koperasi sebanyak 232, menjadi indikasi berkembangna roda perekonomian daerah. Perputaran ekonomi di Kota Palopo menempati urutan kedua terbesar setelah Kota Makassar.

Perhotelan

Hotel dan penginapan saat ini berjumlah 16 buah dengan daya tampung sebanyak 267 kamar. Sebagai kota yang tergolong kota sedang jumlah tersebut telah cukup memadai, baik pengunjung wisata maupun bagi pelaku usaha dari luar kota.

Pelabuhan Tanjung Ringgit

Ketersediaan pelabuhan laut dengan kapasitas bongkar muat 5000 ton dengan akses yang sangat mudah ke jalan lingkar bagian luar maupun kepusat kota. Tempat ini juga berfungsi sebagai sarana rekreasi.

Sarana Penunjang 

Listrik

Pasokan energi listrik cukup tersedia baik peruntukan bagi rumah tangga, bisnis dan industri, sering dengan perhatian serta jaminan ketersediaan daya oleh PLN setempat.

Sarana Air Bersih

Distribusi air bersih dari Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) saat ini telah mencakup hampir seluruh wilayah Kota Palopo.

Telekomunikasi

Pelayanan jasa telekomunikasi dari PT. Telkom melalui jaringan telepon rumah cukup tersedia. Disamping itu didukung pula oleh jaringan telepon selular lainnya yang telah meliputi seluruh kawasan Kota Palopo.

Jaringan IT

Jaringan IT berupa komunikasi data dan internet telah mencakup sekitar 90% unit kerja Pemerintah Kota Palopo melalui jaringan Fiber Optik Indihome PT. Telkom. Akses layanan data dari beberapa Provider sudah menjangkau area Kota Palopo. Selain itu terdapat pula akses internet hostspot free yang di tempatkan di beberapa titik fasilitas umum yang dapat di akses oleh publik.